INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KARIMUN
DOI:
https://doi.org/10.56552/jisipol.v5i1.116Keywords:
Inovasi Pelayanan Publik, Teknologi Informasi Digital, Kementerian Agama Kabupaten KarimunAbstract
Abstract
The problem of a far span of control and having to be reached using sea transportation in access services is one of the problems in the process of providing public services at the Karimun Regency Ministry of Religion Office located in Tanjung Balai Karimun. The development of Digital Information Technology-based Public Service Innovations at the Office of the Ministry of Religion of Karimun Regency was carried out as a form of implementation of the Integrity Zone (ZI) to improve the quality of public service delivery, especially considering the location of the Karimun Regency area which consists of districts separated by the sea. The purpose of this study was to determine the forms of development of Digital Information Technology-based Public Service Innovations at the Karimun Regency Ministry of Religious Affairs Office. This research uses the literature study method on literature related to research problems. The results showed that the forms of Digital Information Technology-based Public Service Innovation at the Office of the Ministry of Religion of Karimun Regency are PTSP Zuriah Smart Online, Hajj Database System, Mail Management Information System, Employee E-Kinerja, Cooperation Information System of the Ministry of Religion of Karimun Regency and Disdukcapil of Karimun Regency (SIKECAP), Integrated Data Information System (SI DATIN), TTE (Electronic Signature), and Public Complaint Application (Whistleblowing System Application).
Abstrak
Permasalahan rentang kendali yang jauh dan harus ditempuh menggunakan transportasi laut dalam mengakses pelayanan menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang terletak di Tanjung Balai Karimun. Pengembangan Inovasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi Digital pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dilakukan sebagai bentuk implementasi Zona Integritas (ZI) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, terutama mengingat letak wilayah Kabupaten Karimun yang terdiri dari kecamatan-kecamatan yang terpisahkan oleh lautan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan Inovasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi Digital pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kepustakaan terhadap literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk Inovasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi Digital pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun adalah PTSP Zuriah Smart Online, Sistem Database Haji, Sistem Informasi Manajemen Surat, E-Kinerja Pegawai, Sistem Informasi Kerja Sama Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan Disdukcapil Kabupaten Karimun (SIKECAP), Sistem Informasi Data Terintegrasi (SI DATIN), TTE (Tanda Tangan Elektronik), dan Aplikasi Pengaduan Publik (Aplikasi Whistleblowing System).