Kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Manca Negara

Authors

  • Sri Ambar Rinah ADMINISTRASI PUBLIK STISIPOL RAJA HAJI

DOI:

https://doi.org/10.56552/jisipol.v1i2.16

Keywords:

Kinerja, Kunjungan, Wisatawan Mancanegara

Abstract

Jumlah wisatawan manca Negara di Kota Tanjungpinang cenderung mengalami peningkatan dan penurunn yang jumlahnya tidak tentu dalam setiap tahunnya. Dari tahun 2012 hingga 2014 mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan manca Negara namun di tahun 2015 jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan, pada tahun 2016 dan tahun 2017 mengalami peningkatan.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat Kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Manca Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang  sebanyak 41 orang, teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan Accidental Sampling. Sumber dan jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumen. Penelitian ini berdasarkan acuan pada teori yaitu Pengukuran Kinerja Organisasi menurut Agus Dwiyanto (2012:98-99) dan teori Menilai Kinerja Organisasi menurut Wahyudi Kumorotomo (2012:99-100).

Hasil penelitian ini yaitu bahwa Kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Manca Negara berdasarkan Efektivitas, Akuntabilitas, Responsivitas belum optimal, masih banyak yang harus dilakukan Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Saran yang dapat diberikan yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang sebaiknya lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan objek wisata, Program atau kegiatan, serta melengkapi sarana prasana alat trasnpotasi yang dimilki Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Downloads

Published

2021-09-28